Parenting dan Anak
Inilah Pengaruh Lingkungan bagi Anak sejak Berada dalam Kandungan

Inilah Pengaruh Lingkungan bagi Anak sejak Berada dalam Kandungan
Orang tua zaman now perlu menyadari bahwa masa prenatal (kandungan) adalah proses pertumbuhan dan perkembangan awal dalam kehidupan manusia. Masa yang perlu mendapat perhatian lebih serius, karena yang terjadi pada masa ini, baik positif atau negatif, akan berpengaruh pada tahap perkembangan anak selanjutnya.

Sejak anak masih berupa janin atau bayi dalam kandungan, perhatikan pengaruh lingkungan, terutama bagi ibu. Seringkali orang tua kurang menyadari hal ini. Setiap kondisi yang tidak baik, bisa membawa dampak buruk bagi pertumbuhan dan perkembangan anak di kemudian hari.
Proses pertumbuhan dan perkembangan pada masa kehamilan, tidak akan berjalan dengan baik dan lancar. Apalagi jika tak ada upaya dari calon ayah dan ibu. Lalu, apa yang harus dilakukan?
Di tahun pertama kehidupan anak, khususnya 3 tahun pertama perhatikan hal-hal di bawah ini. Pada tiga tahun awal, perhatikan stimulus yang diberikan orang tua. Pun ketika janin masih dalam kandungan. Hal tersebut sangat memengaruhi perkembangan anak hingga dewasa.
Neuron di otak anak tumbuh dari hasil pengalaman pengasuhan dan berbagai stimulasi pada tahun pertama kehidupannya. Selain gen, lingkungan juga turut memengaruhi perkembangan anak.

  • Indra manusia yang pertama berkembang adalah pendengaran. Melalui pendengaran, orang tua dapat memengaruhi perkembangan buah hatinya.
  • Organ koklea (penting untuk mendengar) pada janin, mulai tumbuh pada usia kehamilan 24 minggu. Sensor pendengaran dan otak mulai berkembang ketika janin berusia 30 minggu.
  • Penelitian oleh Pacific Lutheran University membuktikan bahwa janin berusia 7 bulan dapat mendengar suara ibunya ketika mengajaknya bicara. Saat lahir, bayi dapat memberikan respon, bahwa selama di dalam kandungan dia mengerti dengan perkataan ibunya.
  • Segala bentuk emosi, seperti bersyukur dan rasa kesal yang disampaikan seorang ibu atau lingkungannya di sekitar anak, dapat memengaruhi perkembangan anak di masa depan.
Setiap anak lahir di atas fitrah. Orang tuanya-lah yang menjadikannya Yahudi, Nasrani, atau Majusi.” (HR Bukhari)
Maka sepatutnya orang tua memerhatikan perilaku mereka ketika berinteraksi dengan janin sejak dalam kandungan. Selain itu, penting untuk memberikan stimulus yang dibutuhkan bayi di tahap awal perkembangannya. Bagi muslim, bisa diawali dengan sering memperdengarkan lantunan ayat suci Al-Quran atau membacakan buku cerita dengan contoh moral yang bisa diikuti anak kelak. Mari, jadikanlah anak sebagai generasi yang cerdas akalnya dan mulia akhlaknya sejak dalam kandungan.








Parenting dan Anak Lainnya
Pentingnya Bertanya Pada Anak
Pentingnya Bertanya Pada Anak
Kamis, 12 September 2013 07:27 WIB
sygmadayainsani.co.id - Pentingnya Bertanya Pada Anak - Rasulullah memberikan panduan dalam mendidik anak agar mereka menjadi anak yang berbakti kepada orang tuanya. Seorang sahabat bertanya, Ya Rasulullah, bagaimana cara membantu anakku sehingga ia dapat berbakti kepadaku? Nabi menjawab, Menerim
Jika Sudah Ditanggung Perusahaan, Masih Perlukah Punya Asuransi Tambahan?
Jika Sudah Ditanggung Perusahaan, Masih Perlukah Punya Asuransi Tambahan?
Senin, 22 Februari 2016 16:37 WIB
Pada era sekarang ini asuransi merupakan hal wajib yang harus dimiliki oleh semua orang. Bahkan bagi bayi yang masih di dalam kandungan juga membutuhkan asuransi. Asuransi memang bukan hanya memberikan jaminan saja, tetapi dapat juga sebagai tabungan untuk keadaan darurat atau juga tabungan pendidikan.
Ringkasan Sejarah Khadijah binti Khuwalid
Ringkasan Sejarah Khadijah binti Khuwalid
Rabu, 28 September 2016 02:46 WIB
Khadijah binti Khuwalid adalah istri pertama Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam. Beliau adalah sesosok wanita yang kuat. Khadijah binti Khuwalid rela memberikan seluruh dunia kekayaannya kepada Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam untuk dakwah. Seperti apa sejarah dari Khadijah binti Khuwalid ?
Boleh Ayah Bunda Memukul Anak, ASAL....
Boleh Ayah Bunda Memukul Anak, ASAL....
Sabtu, 10 September 2016 11:37 WIB
Ayah Bunda perlu mewaspadai satu sarana parenting yang tampaknya berhasil, namun ternyata hanya bersifat jangka pendek. Sarana itu adalah hukuman. Hukuman yang akan dibahas kali ini adalah mengenai “pukulan”. Berikut akan dijelaskan mengenai syarat boleh memukul anak:

Perlu Bantuan?

Hai, Saya Suriksodi Saputro Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? Asisten belanja Anda siap membantu Anda, atau Anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya.

Hubungi Saya Tentang Saya