Parenting dan Anak
Ini Dia 2 Manfaat Neurosains bagi Tumbuh Kembang Anak

Ini Dia 2 Manfaat Neurosains bagi Tumbuh Kembang Anak
Bagi orang tua mempelajari neurosains ternyata bisa berguna ketika mendidik anak, loh. Apa itu neurosains? Neurosains merupakan satu bidang kajian mengenai sistem saraf yang ada di dalam otak manusia. Neurosains berguna dalam mengenali tumbuh kembang anak dan mampu menjadi stimulus untuk mencerdaskan dan mengoptimalisasi kemampuan anak. Terutama yang berada di usia Golden Age, yaitu ketika anak berusia 0-6 tahun.

Usia ini diyakini sebagai masa emas anak dalam mempelajari berbagai stimulus yang diberikan terhadap mereka. Golden Age dapat menjadi kunci dasar perkembangan anak di masa depan. Menarik, bukan?
Salah seorang praktisi neurosains terapan, Anne Gracia, menyatakan teori terapan ini mengkhususkan diri untuk membantu orang tua serta guru. Terutama dalam mengetahui secara spesifik profil kematangan anak.
Setiap anak memiliki kemampuannya masing-masing atau bakat yang berbeda. Perbedaan kemampuan itulah yang dapat digunakan sebagai tolak ukur para pendamping anak agar mampu menyusun aktivitas mereka. Hal ini dipergunakan sehingga bisa menyeimbangkan kemampuan anak yang berbeda-beda.
Banyak manfaat yang bisa orang tua ambil dari mempelajari neurosains. Hal ini sangat penting guna mengetahui lebih dalam mengenai perilaku anak. Terutama yang menjurus pada bakat dan minatnya.
Bahkan orang tua sepatutnya bersyukur dengan perbedaan perilaku pada anak. Karena masing-masing dari mereka nantinya akan tumbuh dengan perilakunya sendiri. Pun meski anak terlahir kembar identik sekalipun, dia akan memiliki perilaku yang berbeda.
Jadi, manfaat pertama bagi orang tua ketika mempelajari neurosains adalah mampu mengenali bakat dan minat anak dengan mengamati perilakunya. Kemudian manfaat kedua bagi orang tua dengan pengetahuan neurosains, adalah bisa mengamati perilaku anak abnormal. Sehingga orang tua dapat bertindak tepat untuk mengubah perilaku tersebut. Tentu kedua manfaat tersebut berguna bagi orang tua, ya.
Nah, terlepas dari seperti apa perilaku buah hati Anda, orang tua perlu mendukung anak dengan memberikan nutrisi yang cukup. Stimulus yang dibutuhkan sejak usia dini pun juga diperlukan. Apalagi jika si kecil baru menginjak usia balita atau di masa Golden Age anak.








Parenting dan Anak Lainnya
Masakan Istri Tidak Enak? Begini Cara Menolak Yang Dicontohkan Rasulullah
Masakan Istri Tidak Enak? Begini Cara Menolak Yang Dicontohkan Rasulullah
Selasa, 12 September 2017 11:26 WIB
Nah tindakan tersebut,sangatlah tidak terpuji menurut islam. Karena teladan kita Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam semasa hidupnya sama sekali tidak pernah mencela masakan demi menghargai orang yang memasaknya. Jika beliau kurang berselera terhadap masakah istri maka beliau ungkapkan hal itu dengan menolak secara halus. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, diceritakan suatu hari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wassallam mengajak Khalid bin Al Qalin mengunjungi istri beliau, Maimunah yang belum lama dinikahinya. Maimunah adalah saurada perempuan Ibunda Khalid.
“Walau Darah Bercucuran dan Luka, Syiah Merasa Senang pada Hari Asyura”
“Walau Darah Bercucuran dan Luka, Syiah Merasa Senang pada Hari Asyura”
Rabu, 12 Oktober 2016 01:58 WIB
Ayah Bunda, hari ini Alhamdulillah kita memasuki 10 Muharram. Untuk sebagian kalangan, ada yang melakukan sunnah nabi yaitu berpuasa, nama puasanya adalah puasa Asyura (hari kesepuluh). Untuk kalangan Syi’ah pada hari 10 Muharram, melakukan ritual Tathbir. Kita akan melihat dari 2 pandangan:
10 Tujuan Istimewa Raja Salman ke Indonesia
10 Tujuan Istimewa Raja Salman ke Indonesia
Senin, 27 Februari 2017 09:28 WIB
Ayah Bunda, sejak dua minggu terakhir, media-media Indonesia menyorot persiapan kunjungan Raja Salman ke Indonesia, yang konon istimewa dan luar biasa. Hampir semua kunjungan Raja Saudi ke sebuah negara, persiapannya memang begitu. Kunjungan Raja Salman ke Indonesia awal Maret 2017 memang memiliki keistimewaan tertentu, sebagai berikut:
Mengapa Bencana atau Musibah Itu Baik Bagi Seorang Muslim?
Mengapa Bencana atau Musibah Itu Baik Bagi Seorang Muslim?
Rabu, 22 Februari 2017 09:33 WIB
Sungguh mengagumkan urusan orang muslim. Jika ia ditimpa musibah dia bersabar dan jika ia ditimpa kesenangan dia bersyukur. Semua urusan orang muslim adalah baik. Masalah demi masalah yang di hadapi oleh seorang muslim, sudah diukur oleh Allah sehingga ia dapat menyelesaikan masalah tersebut.

Perlu Bantuan?

Hai, Saya Suriksodi Saputro Anda memerlukan bantuan saat belanja produk? Asisten belanja Anda siap membantu Anda, atau Anda membutuhkan informasi lebih lengkap tentang produk-produk kami silahakan hubungi saya.

Hubungi Saya Tentang Saya